Halo sobat Sleadie! Apa kabar nih, kalian semua? Semoga sehat-sehat semua, ya. Nah, kalian semua pasti pada tahu kan kalau Indonesia mempunyai banyak keberagaman? Salah satunya adalah keberagaman agama. Indonesia memiliki enam agama yang diakui. Tentu, tidak ada salahnya kita mempelajari tentang agama yang lain.

Itulah yang dilakukan oleh siswa-siswi kelas 8 SMP Strada Slamet Riyadi Tangerang. Mereka mengunjungi tempat ibadah agama Hindu dan Budha. Tepatnya pada tanggal 30 April 2024, siswa-siswi kelas 8 SMP Strada Slamet Riyadi berkunjung ke Pura Agung Kertajaya dan Vihara Nimmala. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka kegiatan P5 yang bertema “Kearifan Lokal”. Mau tahu keseruannya? Mari, simak baik-baik, ya.

Pada tanggal 30 April 2024, pukul. 07.30 WIB  siswa-siswi SMP Strada Slamet Riyadi kalas 8 sudah siap untuk berangkat ke tujuan utama yaitu Pura Agung Kertajaya. Setelah sampai di sana, mereka langsung diarahkan untuk masuk ke dalam pura. Siswa-siswi sangat terkesan dan menyukai ukiran gapura yang berada di pintu masuk. Mereka pun diarahkan untuk duduk di Madya Mandala.

Di Madya Mandala, siswa-siswi diberi ilmu pengetahuan oleh Bapak Made dan Ibu Ita. Pak Made dan Bu Ita menjelaskan tentang agama Hindu dan Pura. Beberapa siswa pun memberi mengajukan pertanyaan untuk Pak Made dan Bu Ita.

Setelah itu, siswa-siswi kelas 8 berjalan menuju Vihara Nimmala pada pkl. 10.30 WIB yang letaknya tidak jauh dari Pura sebelumnya. Dari pertama siswa-siswi masuk, mereka sudah kagum dan terkesan dengan apa yang ada di depan mata mereka. Banyak lampion dan kertas-kertas harapan umat Budha. Ada patung dewa-dewi , serta bau dupa  yang khas.

Siswa-siswi diarahkan untuk duduk sebentar. Di sini, mereka bisa melihat patung dewa yang sangat besar berada di luar. Setelah itu, siswa-siswi masuk ke Dhamasala. Siswa-siswi kelas 8 diberi wawasan baru oleh Ibu Yeni. Siswa-siswi diajarkan tentang tempat-tempat yang ada di Vihara Nimmala, sejarahnya, makna dari simbol-simbol, dan masih banyak lagi.

Nah, sobat Sleadie, keberagaman agama di Indonesia patut kita lestarikan. Tidak hanya agama, tetapi kebudayaan, adat-istiadat, dan masih banyak lagi. Sebagai generasi muda, sudah menjadi kewajiban kita untuk mempelajari dan mengembangkannya. Semoga dengan kegiatan ini, sobat Sleadie juga terinspirasi untuk belajar hal baru, ya! Mari kita lestarikan anugerah keberagaman yang indah ini.

 

 

 

 

Sebarkan artikel ini